“Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Masa Menopause Dengan Tingkat Keluhan Masa Menopause Di Desa Leling, Kec.Tommo Kabupaten Mamuju Tahun 2022”

Authors

  • Nur Aisyah Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju
  • Yuliana Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju
  • Andi Ernawati Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju
  • susanti Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju

Keywords:

pengetahuan, keluhan, menopause

Abstract

Dalam perjalanan hidupnya, wanita mengalami banyak proses pertumbuhandan perkembangan, sampai suatu saat pertumbuhan dan perkembangan akan berhenti pada suatu tahapan sehingga terlalu banyak perubahan yang terjadi pada fungsi tubuh wanita. Perubahan ini akan terjadi seiring peningkatan usia sampai akhirnya wanita akan mencapai titik yang dinamakan menopause dan di titik ini kecemasan akan muncul karena merasa dirinya sudah tidak indah lagi. Pada wanita yang menghadapi periode menopause, munculnya gejala-gejala psikologis sangat dipengaruhi oleh adanya perubahan pada aspek fisik-fisiologis sebagai akibat dari berkurang dan berhentinya produksi hormon estrogen, Pada perempuan yang mengalami premenopause keluhan yang sering dirasakan antara lain: merasa cemas, takut, lekas marah, mudah tersinggung, sulit, konsentrasi, gugup, merasa tidak berguna tidak berharga, stres dan bahkan ada yang mengalami depresi.

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Leling, Kec. Tommo, Kabupaten Mamuju dari Oktober –November tahun 2022. Dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional study dengan jumlahsampel  33 ibu menopause dengan kriteria inklusi: Ibu menopause yang bersedia menjadi responden dan berdomisili di desa Leling Kec. Tommo, Kab. Mamuju, Ibu menopause berusia 45-54 tahun, Ibu menopause dengan kesadaran baik, Tidakterganggu pendengaran dan penglihatannya, Mampu berkomunikasi dengan baik.Pengumpukan data dengan menggunakan kuesioner. Dengan menggunakan UjiStatistik Chi-Square  dengan tingkat kemaknaan   α = 0,05. Analisis data di lakukandengan analisis univariat dan analisis bivariat pada program SPSS. Hasil penelitianmenunjukan bahwa:  bahwa ada hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkatkeluhan masa menopause di Desa Leling, Kec.Tommo, Kab. Mamuju, Tahun 2022.dengan nilai p=0,006 < dari nilai a= 0,05.Kata 

Author Biographies

Nur Aisyah, Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju

keperawatan

Yuliana, Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju

kepewaratan

Andi Ernawati, Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju

Keperawatan

susanti, Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Bisnis ST Fatimah Mamuju

Keperawatan

Downloads

Published

2022-12-09