HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN SEKS BEBAS TERHADAP GAYA BERPACARAN DI STIKES ABDI NUSANTARA JAKARTA TAHUN 2020

Authors

  • Budi Ermanto STIKes Abdi Nusantara
  • Leni Susanti STIKes Abdi Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.37063/ak.v3i4.706

Keywords:

Pengetahuan, Seks Bebas, Gaya Berpacaran

Abstract

Dampak gaya berpacaran remaja saat ini lebih kepada perilaku seksual. Gaya pacaran remaja pada saat ini telah mengarah pada perilaku diluar batas, disinilah mulai muncul masa pacaran yang didalamnya terkait perilaku seks untuk mengisi waktu senggang mereka, dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perilaku seks yang tidak mereka lakukan.

Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan seks bebas terhadap gaya berpacaran remaja sarjana keperawatan di Stikes Abdi Nusantara Jakarta tahun 2020.

Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini  adalah mahasiwa aktif sarjana keperawatan semester 1 sampai semester 6 yang berada di Stikes Abdi Nusantara Jakarta tahun 2020. Pada penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan random sampling sebanyak 120 responden dimana data yang menyangkut variabel independen dan variabel dependen akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan.

Hasil univariat menunjukkan responden menyatakan gaya berpacaran dalam kategori sehat sebanyak 62 orang (52,9%) dan tidak sehat sebanyak 57 orang (47,1%). Sedangkan hasil bivariate menunjukkan hasil uji kai kuadrat ada hubungan antara gaya berpacaran dengan tingkat pengetahuan (p = 0,010).

Dari hasil penelitian dapat simpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara gaya berpacaran remaja  dengan tingkat pengetahuan seks bebas  p.value 0,010

Downloads

Published

2020-12-22