EVALUASI MUTU PELAYANAN BPJS KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT CIKARANG MEDIKA PERIODE JANUARI TAHUN 2017

Authors

  • Lucy Amelia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/ak.v1i1.186

Keywords:

Perilaku caring perawat Kristen Swanson, kepuasan pasien bpjs

Abstract

Latar Belakang : Penampilan sikap caring merupakan hal yang penting dalam meningkatkan kepuasan pasien akan pelayanan keperawatan. Depkes RI tahun 2014 menunjukkan bahwa masih ditemukan adanya keluhan tentang ketidakpuasan pasien bpjs terhadap pelayanan keperawatan. Hasil survey penelitian oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) (2014) yang dilakukan di lima kota besar di Indonesia terdapat 9 poin permasalahan, salah satunya adalah 65,4% pasien bpjs mengeluh terhadap sikap perawat yang kurang ramah, kurang simpatik dan jarang tersenyum.
Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien bpjs di ruang rawat inap Wijaya Kusuma RS Cikarang Medika periode Januari tahun 2017.
Metode Penelitian : Metode penelitian ini menggunakan analitik dengan pendekatan cross sectional, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien bpjs ruang rawat inap Wijaya Kusuma RS Cikarang Medika.
Hasil Penelitian : dari 97 responden didapatkan bahwa responden yang menyatakan perilaku caring perawat positif sebanyak 30 orang (30,9%) dan responden terbanyak yang mendapatkan perilaku caring perawat negatif sebanyak 67 orang (69,1%). Responden yang mengatakan puas sebanyak 27 orang (27,8%) dan responden terbanyak yang mengatakan tidak puas sebanyak 70 orang (72,2%).
Keismpulan dan Saran : dari hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa adanya hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien bpjs di ruang rawat inap Wijaya Kusuma RS Cikarang Medika. Disarankan kepada seluruh perawat ruang rawat inap Wijaya Kusuma RS Cikarang Medika untuk meningkatkan perilaku caring.

Downloads

Published

2018-03-05