EDUKASI MANAJEMEN PERAWATAN LUKA PERINEUM POST PARTUM

Authors

  • Tuty Yanuarti STIKes Abdi Nusantara
  • Lia Idealistiana STIKes Abdi Nusantara
  • Novita Novita STIKes Abdi Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v6i1.886

Keywords:

Edukasi, perawatan Luka Perineum

Abstract

Pendahuluan: Bidan memiliki peran penting dalam perawatan luka perineum setelah melahirkan. Perawatan perineum yang tidak benar dapat mengakibatkan kondisi perineum yang terkena lokhea akan lembab dan sangat menunjang perkembangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya infeksi. Edukasi pada pasien sangat penting tentang manajemen perawatan luka perineum pada tingkat penyembuhan luka dan kepatuhan terhadap perawatan luka.

Metode: Metode yang digunakan yaitu memberikan penguatan tentang edukasi pada ibu hamil trimester III melalui metode pendidikan kesehatan dalam  upaya manajemen perawatan luka perineum. Kegiatan Pengabdian dilakukan oleh dosen kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara dengan sasaran ibu hamil trimester III.

Hasil: Hasil pengabdian  ini tercapai target luaran dari mencapai keberhasilan 100%. Kegiatan pengabdian masyarakat juga memiliki potensi yang sangat bagus sebagai suatu aset dalam kegiatan  pengabdian  masyarakat. Selain itu kegiatan ini mampu mensupport ibu hamil trimester akhir yang berfikir kritis dalam  mengatasi masalah-masalah  yang  terjadi  padanya

Kesimpulan: Kesimpulan dari kegiatan edukasi manajemen perawatan luka perineum post partum antara lain meningkatnya pengetahuan dan sikap ibu hamil trimester III tentang  manajemen  perawatan luka perineum post partum.

Author Biographies

Tuty Yanuarti, STIKes Abdi Nusantara

Keperawatan

Lia Idealistiana, STIKes Abdi Nusantara

Keperawatan

Novita Novita, STIKes Abdi Nusantara

Keperawatan

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Yanuarti, T. ., Idealistiana, L., & Novita, N. (2023). EDUKASI MANAJEMEN PERAWATAN LUKA PERINEUM POST PARTUM. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 6(1), 18–22. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v6i1.886