SOSIALISASI AKTIVASI ZONA HAMBAT DAUN PIRDOT (SAURAIA VULCANI KORTH) TERHADAP CANDIDA ALBICANS

Authors

  • Romauli Anna Teresia Marbun Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam
  • Yanna Rotua Sihombing Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i2.604

Keywords:

Infeksi jamur, Kandidiasis, Daun pirdot

Abstract

Pendahuluan: Penyakit akibat infeksi jamur menjadi penyakit dominan iklim tropis. Indonesia yang beriklim tropis memiliki lingkungan dengan penduduk banyak dan tingkat sosial ekonomi yang rendah. Candida albicans merupakan jamur penyebab kandidiasis dan penyebab sariawan, vulvavaginistis, dan kandiduria. Daun ini menjadi kandidat tumbuhan berpotensi antijamur.

Metode: Metode pengujian menggunakan metode difusi dengan menggunakan pencadang kertas. Penelitian yang dilaksanakan tersebut menggunakan ketokonazol sebagai pembanding. Hasil dari pengujian dilakukan disosialisasikan kepada mahasiswa Farmasi.

Hasil:. Manfaat dari pirdot menjadi perhatian di pandemic sekarang ini. Budidaya tumbuhan pirdot dapat dilakukan sendiri sehingga dapat digunakan untuk terapi komplementer. Melihat hasil uji aktivitas antibakteri yang termasuk antibakteri kategori sedang.

Kesimpulan: Daun pirdot dapat menjadi tumbuhan berpotensi antijamu ke depana dan menjadi kandidat obat tradisional. Hal ini menjadi penting untuk landasan penelitian selanjutnya untuk menghasilkan penelitian terkait produk antijamur ke depan

Downloads

Published

2021-07-26

How to Cite

Romauli Anna Teresia Marbun, & Yanna Rotua Sihombing. (2021). SOSIALISASI AKTIVASI ZONA HAMBAT DAUN PIRDOT (SAURAIA VULCANI KORTH) TERHADAP CANDIDA ALBICANS. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 4(2), 44–49. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i2.604