UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENARCHE DI SD PONDOK MELATI

Authors

  • Elfira Sri Futriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Ita Herawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Lili Farlikhatun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v2i2.575

Keywords:

Pendidikan kesehatan, Pengetahuan remaja, Menarche

Abstract

Pendahuluan: Data dunia sebesar 76,3% dari penduduk remaja didunia menyatakan bahwa populasi remaja putri sebagian besar mengalami stress saat menarche Data lain menunjukan sebanyak 54% remaja putri mengalami rasa cemas saat menarche tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dengan teman sebaya. Rata-rata usia menarche di Indonesia adalah 13 tahun, dengan kejadian lebih awal pada usia kurang dari 9 tahun atau lebih lambat sampai usia 17 tahun.. Menarche yang terlalu dini atau terlambat , bisa berakibat pada keadaan psikis remaja tersebut. Remaja yang akan mengalami menarche membutuhkan kesiapan mental yang baik.

Metode: Metode yang digunakan adalah pendidikan kesehatan.

Hasil: Menunjukkan sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup (56,7 %) sebelum dilakukan pendidikan kesehatan . Sesudah dilaksanakan pendidikan kesehatan sebagian besar mempunyai pengetahuan baik (53,3 %). Dapat di ketahui rata-rata nilai sebelum dilakukan pendidikan kesehatan (56,8%) dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan (78,1%). Ini menunjukkan terjadi kenaikan sebesar 21,3 %.

Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan remaja secara signifikan, hal  ini  juga  dipengaruhi oleh penyuluh, ketertiban dan rasa ingin tahu sasaran dan proses pelaksanaan.

Downloads

Published

2019-12-20

How to Cite

Elfira Sri Futriani, Ita Herawati, & Lili Farlikhatun. (2019). UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENARCHE DI SD PONDOK MELATI. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v2i2.575

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>