PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG HIV/AIDS DI SMA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Bayu Laksmana Jati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Lili Farlikhatun Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Elfira Sri Futriani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v2i1.561

Keywords:

Pengetahuan, Pencegahan HIV/AIDS, Siswa SMA

Abstract

Pendahuluan: Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus HIV/AIDS yang tinggi di dunia. Kelompok remaja memiliki resiko yang besar terhadap penyebaran kasus tersebut, sebagian besar siswa SMA memiliki perilaku acuh pada isu HIV/AIDS, sedangkan Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki tingkat HIV/AIDS yang tinggi yang seharusnya para remaja memiliki tingkat kepedulian yang tinggi pula mengenai isu tersebut. Perilaku acuh siswa tentang isu bahaya HIV/AIDS dimungkinkan karena kurangnya pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS.

Metode: Metode pendidikan kesehatan yang digunakan adalah dengan cara ceramah dan diskusi.

Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang HIV/AIDS di SMA Kabupaten Bekasi. Rata-rata nilai pengetahuan siswa sebelum dilaksanakan pendidikan kesehatan adalah sebesar 6,8 point. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan rata rata nilai pengetahuan siswa meningkat menjadi 8,7 point.

Kesimpulan: Peningkatan pengetahuan tersebut merupakan dampak positif pada siswa SMA Kabupaten Bekasi dalam pencegahan penularan HIV/AIDS. Dengan pengetahuan yang dimilikinya diharapkan siswa akan peduli kepada lingkungan tempat tinggalnya untuk mencegah penularan HIV/AIDS.

Downloads

Published

2019-06-24

How to Cite

Bayu Laksmana Jati, Lili Farlikhatun, & Elfira Sri Futriani. (2019). PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG HIV/AIDS DI SMA KABUPATEN BEKASI. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v2i1.561

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>