OPTIMALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MENUJU ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Authors

  • Yulia Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Sahrudi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Kusnanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i1.553

Keywords:

Perilaku hidup bersih dan sehat, Adaptasi kebiasaan baru, Cuci tangan, Pakai masker

Abstract

Pendahuluan: Covid-19 telah menyebar di seluruh negara termasuk di negara Indonesia. Bertepatan dengan Covid-19 yang terus menyebar dan masyarakat yang belum sepenuhnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat maka pemerintah menghimbau masyarakat Indonesia dapat beradaptasi dengan pandemic Covid-19. Penerapan PHBS merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan memberikan edukasi pada tiap individu dengan itu masyarakat dapat membantu untuk mencapai kesehatan yang optimal bagi setiap individu.

Metode: Materi, leaflet, pembuatan video cara cuci tangan 6 langkah dan lagu.

Hasil: Anak-anak yang mengikuti kegiatan promosi tentang PHBS Menuju Kehidupan Baru (Adaptasi Hidup Baru) secara online ini (didampingi orang tua) terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam menjawab dan bertanya, selain juga terampil dalam mendemonstrasikan gerakan mencuci tangan yang benar.

Kesimpulan: Anak-anak yang mengikuti kegiatan promosi tentang PHBS menuju kehidupan baru secara online terlihat sangat antusias dan bersamangat dalam menjawab dan bertanya, selain juga terampil dalam mendemonstrasikan gerakan mencuci tangan.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Yulia Agustina, Sahrudi, & Kusnanto. (2021). OPTIMALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MENUJU ADAPTASI KEBIASAAN BARU. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 4(1), 11–14. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i1.553

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>