EDUKASI GIZI SEIMBANG BAGI KADER POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID-19 SEBAGAI PENCEGAHAN BALITA STUNTING DI KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Eli Indawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Yulia Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Asep Rusman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i1.552

Keywords:

Balita, Stunting, Kader posyandu, Gizi seimbang, Pandemi covid-19

Abstract

Pendahuluan: Pola konsumsi pangan yang tidak tepat selama periode pandemi covid-19 berdampak terhadap munculnya berbagai malnutrisi. Kondisi ini terjadi akibat ketidakaseimbangan asupan gizi baik kekurangan maupun kelebihan gizi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit dan meningkatkan risiko terhadap kematian. Laporan dari Gugus Penanganan Covid-19 di Indonesia menyebutkan bahwa kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada anak semakin meningkat. Kondisi seperti ini, secara langsung dapat menyebabkan tingginya prevalensi balita stunting, dan begitupun sebaliknya dimana jumlah balita stunting yang tinggi meningkatkan risiko paparan dan fatalitas dari covid-19 pada anak.

Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan edukasi gizi seimbang.

Hasil: Pengetahuan kader posyandu mengalami peningkatan dari sebelum dan setelah dilakukan edukasi mengalami peningkatan secara bermakna (nilai p=0,000). Nilai rata-rata pengetahuan saat awal adalah 77,52±10,82 dan saat akhir setelah edukasi adalah 82,19±9,93.

Kesimpulan: Dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap kader Posyansdu di wilayah Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Downloads

Published

2021-05-29

How to Cite

Eli Indawati, Yulia Agustina, & Asep Rusman. (2021). EDUKASI GIZI SEIMBANG BAGI KADER POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID-19 SEBAGAI PENCEGAHAN BALITA STUNTING DI KABUPATEN BEKASI. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v4i1.552

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>