UPAYA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PADA KELUARGA PENDERITA DIABETES MELLITUS MELALUI PROMOSI KESEHATAN

Authors

  • Bayu Laksmana Jati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Yulia Agustina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta
  • Isnaeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v3i2.493

Keywords:

Pemberdayaan, Perempuan, Diabetes mellitus

Abstract

Pendahuluan:  Diabetes Mellitus (DM) adalah salah satu penyakit kronik dengan karakteristik terjadinya peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia). Akibat dari hiperglikemia dapat terjadi komplikasi metabolik akut seperti Ketoasidosis Diabetik (KAD) dan komplikasi kronik pada kardiovaskuler, ginjal, penyakit mata dan komplikasi neuropatik. Untuk mencegah terjadinya komplikasi dari DM, maka diperlukan kontrol terapeutik melalui perubahan gaya hidup penderita DM yang tepat, tegas dan permanen. Dukungan keluarga merupakan faktor utama untuk mempertahankan metabolik kontrol yang akan mempengaruhi kualitas hidup penderita. Untuk itu perlu ditingkatkan pemberdayaan perempuan dalam keluarga guna ikut berpartisipasi dalam menurunkan angka kejadian DM dan mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Metode: Penyampaian materi kepada anggota Dharma Wanita Persatuan tentang konsep penyakit Diabetes Mellitus serta Pemberdayaan Perempuan di dalam keluarga,, Pemeriksaan Kadar Gula Darah, Evaluasi hasil pelaksanaan.

Hasil: Peran perempuan sebelum pemberian pendidikan kesehatan adalah cukup tetapi setelah pemberian pendidikan kesehatan ikut berperan baik dalam pengelolaan anggota keluarga yang menderita Diabetes Mellitus

Kesimpulan:. Pendidikan kesehatan atau penyampaian informasi secara terus menerus tentang penyakit Diabetes Mellitus adalah merupakan salah upaya yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya komplikasi DM lebih lanjut serta menurunkan angka kejadian DM.

Downloads

Published

2020-12-22

How to Cite

Bayu Laksmana Jati, Yulia Agustina, & Isnaeni. (2020). UPAYA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PADA KELUARGA PENDERITA DIABETES MELLITUS MELALUI PROMOSI KESEHATAN. JURNAL ANTARA ABDIMAS KEPERAWATAN, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.37063/abdimaskep.v3i2.493

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>