EDUKASI PENCEGAHAN SCREEN DEPENDENCY DISORDER (SDD) DAN TANTANGAN POLA ASUH EFEKTIF ANAK USIA DINI ERA DIGITAL DI PUSKESMAS MARGA JAYA

  • Tuty Yanuarti STIKes Abdi Nusantara
  • Lia Idealistiana STIKes Abdi Nusantara
  • Novita STIKes Abdi Nusantara
Keywords: Edukasi, Screen Dependency Disorder, Pola Asuh, Anak Usia Dini

Abstract

Pendahuluan: Screen Dependency Disorder (SDD) atau
biasa disebut kondisi kecanduan layar dan gadget
merupakan penggunaan gadget elektronik dan internet yang
tidak terkendali dan disertai dengan gangguan perilaku,
kognisi dan sosial. Berdasarkan situs New York Times, 70%
orang tua mengaku mengijinkan anak-anak mereka yang
berusia 6 bulan- 4 tahun untuk bermain gagdet ketika orang
tua sedang sibuk, 25 % mengaku meninggalkan anak-anak
sendiri dengan bermain gagdet saat menjelang tidur.
Metode: Metode yang digunakandalam pengabdian ini
mengadopsi langkahlangkah action research yang terdiri
dari 4 (empat) tahapan perencanaan, tindakan, observasi,
evaluasi dan refleksi. Mitra pada pengabdian ini merupakan
ibu/orang tua, kader, bidan desa dan tokoh masyarakat.
Hasil: Dari hasil edukasi yang diberikan menunjukkan
bahwa 29 orang (82,85 %) sudah benar menjawab kuesioner
yang diberikan. Para orangtua tersebut juga sangat antusias
ingin mempraktekan materi pola asuh yang sudah diberikan.
Kesimpulan: Kesimpulan pada pengabdian ini adalah
kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para orang tua
dan masyarakat umum karena meningkatkan pengetahuan
orang tua dalam tentang Screen Dependency Disorder
(SDD)/kecanduan layer dan gadget serta pola asuh anak
yang efektif terhadap anak usia dini di era digital.

Published
2023-01-09