HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI STIKES SANTA ELISABETH MEDAN TAHUN 2021

  • Lilis N STIKes Santa Elisabeth
  • Samfriati S STIKes Santa Elisabeth
  • Mei Rahmatsari L L STIKes Santa Elisabeth
Keywords: Efikasi diri, Kejenuhan Akademik

Abstract

Tugas akhir sangatlah penting bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Dalam pengerjaan skripsi ini banyak mahasiswa merasa tertekan dan stres, yang kemudian menyebabkan burnout Academic. Dalam mencegah di anjurkan untuk memiliki self efficacy yang tinggi pada setiap  mahasiwa sehingga mampu terlindungi dari academic burnout. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adalah hubungan self efficacy dengan burnout academic mahasiswa dalam  mengerjakan tugas akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan pada Tahun 2021. Deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional penelitian yang digunakan peneliti. Responden berjumlah 52 orang  dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Dari uji statistik Spearman rank didapatkan nilai p = 0,000 (p <0,05) dengan r = -0.650, dimana ada hubungan yang  kekuatan sedang serta signifikan dan korelasi bernilai negatif dimana self efficacy meningkat sehingga burnout academic menurun, begitu juga jika self efficacy menurun serta academic burnout dapat meningkat. Diharapkan dengan   meningkatkan self efficacy maka dapat mengurangi academic burnout pada mahasiswa.

Published
2022-09-12